Rabu, 10 April 2013


Tugas individu

MK. PEMASARAN



UNMSAJA





Oleh :
MUHAMMAD IKHSAN
1127040084
B

PENDIDIKAN TEKNOLOGI PERTANIAN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2012/2013

Teori pemasaran berdasarkan teori maslow
1.    Kebutuhan fisiologis
Produk ini merupakan makanan atau cemilan penunda rasa lapar, dimana makanan inii dapat dikonsumsi sebagai cemilan ataupun sebagai makanan penutup setalah makan. Di mana produk ini banyak mengandung nilai gizi yang tinggi seperti, karbohidrat, protein dan lemak, karena terbuat dari tepung terigu, kanji, dan telur. Jadi jika kita kurang banyak waktu produk ini dapat mengurangi rasa lapar untuk sementara sebelum kita mangkonsumsi nasi.

2.    Kebutuhan rasa aman
Secara umum konsumen sangat mementinglan yang namanya rasa aman. Oleh karena itu produk ini dalam proses pembuatannya hingga sampai ketangan konsumen sangatlah diperhatikan. Terutama dalam proses-proses pengemasan produk ini agar tidak terjadi kontaminasi dengan bakteri atau berbagai mikroorganisme lain yang dapat menyebabbkan kerusakan dari produk ini. Maka dari itu produk ini dikemas sedemikian rupa dengan plastik pembungkus sterril. Produk ini juga sebelum diedarkan kekonsumen telah melalui tahap penelitian oleh BPOM melelui dinas perindustrian daerah dan memperoleh sertifikat lulus uji dan bebes untuk diedarkan.

3.    Kebutuhan sosial
Produk ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan dari anak-anak sampai orang tua. Dimana prouk ini dapat diperoleh dengan mudah dan harganya pun terjangkau. Masa simpan produk ini cukup lama sehingga dapat dijadikan oleh-oleh untuk kemana saja. Adapun konsumen yang ingi membeli produk ini dalam jumlah yang banyak atau lebih dari lima bungkus akan diberi potongan harga  datau discon.

4.    Kebutuhan ego
produk ini merupakan produk dengan kualitas yang baik. Kemasan dari produk ini kami desain sedemikian rupa dengan warna yang menarik begitupu bentuknya, yang unik yang tidak sama dengan produk lain sehingga segmentasi produk ini lebih teratas dibanding kerupuk lain,oleh karena itu jika anda mengkonsumsi produk ini anda akan merasakan sensasi yang sangat menyenangkan.

5.    Kebutuhan aktualisasi diri
Dalam perjalanan dan perkembangan produk ini pada hari-hari awal kerja, produk ini diproduksi pada setiap harinya hanya 7 sampai 10 bungkus dengan isi perbungkusnya itu 250 gram . Tetapi semakin dikenalnya dan disukainya produk ini sehingga pesanan untuk produk ini semakin bertambah oleh karena itu memacu semangat kami dan para karyawan untuk memproduksi lebih besar setiap harinya untuk memenuhi pesanan karena produk ini dibandingkan dengan produk yang lain jauh lebih enak.









1.    Merek dagang produk
Adapun merek dagang yang saya gunakan ialah “KERUPUK BAWANG SARI RASA”
2.    Deskripsi produk
Produk ini terbuat dari kurang lebih bahan tepung-tepungan oleh karena itu hasil akhir dari produk ini yaitu padat padat dan teksturnya renyah. Adapun variasi bentuk dari produk ini berupa
Ø  Bentuk stik
 
Ø  Bentu lembaran
 
Ø  Bentuk keong
Krupuk Bawang
Produksi   : 250 gr
Kondisi     : siap siap makan
Ukuran     : sedang
Kuwalitas  : No.1
Harga        : Rp.5000
3.    Bahan dan bumbu yang dugunakan
a.    Bahan                                         b. bumbu
Ø  Tepung terigu                           bawang merah
Ø  Tepung kanji                             merica bubuk
Ø  Soda kue                                   garam
Ø  Minyak goreng
Ø  Telur ayam
Ø  Air
Ø  Gula

4.    Rincian dana dari bahandan bumbu yang digunakan.
Untuk membuat 3 kg kerupuk bawang diperlukan bahan-bahan diantaranya :
a.    Bahan                                         
Ø  1kg Tepung terigu                           = Rp.9.000,-     
Ø  500 gram Tepung kanji                   = Rp.6.000,-                           
Ø  2 gr soda kue                                    = Rp.3.000,-
Ø  1 liter Minyak goreng                       =Rp.10.000,-
Ø  5 butir Telur ayam                            =Rp.5.000,-
Ø  0,5 liter Gula                                                 =Rp.5000,-
Ø  50 ml Air
b.    Bumbu
Ø  10 siung bawang merah                =Rp.3.000,-
Ø  Setengah sendok merica bubuk   =Rp.3.000,-
Ø  3 sendok makan Garam                 =Rp.3.000,-
5.    Harga produk
Adapun harga dari produk ini yaitu, Rp.5.000,- per kemasan dari berbagai bantuk dengan isi setiap kemasannya yaitu 250 gram .
6.    Jumlah perkemasan
Setiap kemasan dari produk ini berisi 250 gram kerupuk siap siap konsumsi. 
7.    Margin pemasaran
Margin pemasaran produk  
Uraian                                                                      satuan (Rp/gram)                
1, produsen                                                                                                               a.harga beli                                                               -                                   b.margin pemasaran                                               -                                   c.harga jual/bungkus                                              Rp.5.000
2. pedagang pengumpul                                                                                                    a. Harga beli                                                                         Rp.5000,-                   b. margin pemasaran                                              Rp.2000,-                               - biaya transport                                                       Rp. 500,-                                - biaya pemasaran                                                   Rp. 500,-                                - margin keuntungan                                                Rp.1.000,-                              c. Harga jual                                                              Rp.7.000,-
3. toko oleh-oleh/supermarket                                                                               a. Harga beli                                                                         Rp.7.000,-                  b. Margin pemasaran                                              Rp.2.500,-                                    - biaya transport                                                       Rp.500,-                                 - biaya pemasaran                                                    Rp.500,-                                 - biaya pajak produk                                                Rp.250,-                                 - margin keuntungan                                              Rp.1.250,-                              - harga jual                                                                Rp. 9.500,-
4. pedagang eceran                                                                                                            a. Harga beli                                                                         Rp.9.500,-                              b. Margin pemasaran                                              Rp. 2000,-                              - biaya transport                                                       Rp.500,-                                 - biaya pemasaran                                                   Rp.500,-                                 - margin keuntungan                                                 Rp.1000,-                               c. Harga jual                                                              Rp.11.500,-
5. konsumen                                                                                                                         a. Harga beli                                                                         Rp.11.500,-                           b. Margin pemasaran                                              -                                   c. Harga jual                                                              -