Tugas
individu
MK. PEMASARAN
Oleh :
MUHAMMAD IKHSAN
1127040084
B
PENDIDIKAN
TEKNOLOGI PERTANIAN
FAKULTAS
TEKNIK
UNIVERSITAS
NEGERI MAKASSAR
2012/2013
Teori pemasaran berdasarkan teori maslow
1. Kebutuhan fisiologis
Produk ini merupakan makanan atau cemilan penunda rasa
lapar, dimana makanan inii dapat dikonsumsi sebagai cemilan ataupun sebagai
makanan penutup setalah makan. Di mana produk ini banyak mengandung nilai gizi
yang tinggi seperti, karbohidrat, protein dan lemak, karena terbuat dari tepung
terigu, kanji, dan telur. Jadi jika kita kurang banyak waktu produk ini dapat
mengurangi rasa lapar untuk sementara sebelum kita mangkonsumsi nasi.
2. Kebutuhan rasa aman
Secara umum konsumen sangat mementinglan yang namanya
rasa aman. Oleh karena itu produk ini dalam proses pembuatannya hingga sampai
ketangan konsumen sangatlah diperhatikan. Terutama dalam proses-proses
pengemasan produk ini agar tidak terjadi kontaminasi dengan bakteri atau
berbagai mikroorganisme lain yang dapat menyebabbkan kerusakan dari produk ini.
Maka dari itu produk ini dikemas sedemikian rupa dengan plastik pembungkus
sterril. Produk ini juga sebelum diedarkan kekonsumen telah melalui tahap
penelitian oleh BPOM melelui dinas perindustrian daerah dan memperoleh
sertifikat lulus uji dan bebes untuk diedarkan.
3. Kebutuhan sosial
Produk ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan dari
anak-anak sampai orang tua. Dimana prouk ini dapat diperoleh dengan mudah dan
harganya pun terjangkau. Masa simpan produk ini cukup lama sehingga dapat
dijadikan oleh-oleh untuk kemana saja. Adapun konsumen yang ingi membeli produk
ini dalam jumlah yang banyak atau lebih dari lima bungkus akan diberi potongan
harga datau discon.
4. Kebutuhan ego
produk ini merupakan produk dengan kualitas yang baik.
Kemasan dari produk ini kami desain sedemikian rupa dengan warna yang menarik
begitupu bentuknya, yang unik yang tidak sama dengan produk lain sehingga
segmentasi produk ini lebih teratas dibanding kerupuk lain,oleh karena itu jika
anda mengkonsumsi produk ini anda akan merasakan sensasi yang sangat
menyenangkan.
5. Kebutuhan aktualisasi diri
Dalam perjalanan dan perkembangan produk ini pada
hari-hari awal kerja, produk ini diproduksi pada setiap harinya hanya 7 sampai
10 bungkus dengan isi perbungkusnya itu 250 gram . Tetapi semakin dikenalnya
dan disukainya produk ini sehingga pesanan untuk produk ini semakin bertambah
oleh karena itu memacu semangat kami dan para karyawan untuk memproduksi lebih
besar setiap harinya untuk memenuhi pesanan karena produk ini dibandingkan
dengan produk yang lain jauh lebih enak.
1. Merek dagang produk
Adapun
merek dagang yang saya gunakan ialah “KERUPUK BAWANG SARI RASA”
2. Deskripsi produk
Produk
ini terbuat dari kurang lebih bahan tepung-tepungan oleh karena itu hasil akhir
dari produk ini yaitu padat padat dan teksturnya renyah. Adapun variasi bentuk
dari produk ini berupa
Ø Bentuk stik
Ø Bentu lembaran
Ø Bentuk keong
Krupuk Bawang
Produksi : 250 gr
Produksi : 250 gr
Kondisi : siap siap
makan
Ukuran : sedang
Kuwalitas : No.1
Ukuran : sedang
Kuwalitas : No.1
Harga
: Rp.5000
3. Bahan dan bumbu yang dugunakan
a. Bahan b.
bumbu
Ø Tepung terigu bawang merah
Ø Tepung kanji merica bubuk
Ø Soda kue garam
Ø Minyak goreng
Ø Telur ayam
Ø Air
Ø Gula
4. Rincian dana dari bahandan bumbu yang digunakan.
Untuk membuat 3 kg kerupuk
bawang diperlukan bahan-bahan diantaranya :
a. Bahan
Ø 1kg Tepung terigu =
Rp.9.000,-
Ø 500 gram Tepung kanji =
Rp.6.000,-
Ø 2 gr soda kue =
Rp.3.000,-
Ø 1 liter Minyak goreng =Rp.10.000,-
Ø 5 butir Telur ayam =Rp.5.000,-
Ø 0,5 liter Gula =Rp.5000,-
Ø 50 ml Air
b. Bumbu
Ø 10 siung bawang merah =Rp.3.000,-
Ø Setengah sendok merica bubuk =Rp.3.000,-
Ø 3 sendok makan Garam =Rp.3.000,-
5. Harga produk
Adapun harga dari produk ini
yaitu, Rp.5.000,- per kemasan dari berbagai bantuk dengan isi setiap kemasannya
yaitu 250 gram .
6. Jumlah perkemasan
Setiap kemasan dari produk
ini berisi 250 gram kerupuk siap siap konsumsi.
7. Margin pemasaran
Margin pemasaran produk
Uraian satuan
(Rp/gram)
1,
produsen a.harga
beli - b.margin
pemasaran - c.harga jual/bungkus Rp.5.000
2.
pedagang pengumpul a.
Harga beli Rp.5000,- b. margin pemasaran Rp.2000,- - biaya transport Rp.
500,- - biaya pemasaran Rp.
500,- -
margin keuntungan Rp.1.000,- c. Harga jual Rp.7.000,-
3.
toko oleh-oleh/supermarket a.
Harga beli Rp.7.000,- b. Margin pemasaran Rp.2.500,- - biaya
transport Rp.500,- - biaya
pemasaran Rp.500,- - biaya pajak
produk Rp.250,- - margin
keuntungan Rp.1.250,- -
harga jual Rp.
9.500,-
4.
pedagang eceran a.
Harga beli Rp.9.500,- b. Margin
pemasaran Rp. 2000,- - biaya transport Rp.500,- - biaya pemasaran Rp.500,- - margin
keuntungan Rp.1000,- c. Harga jual Rp.11.500,-
5.
konsumen a.
Harga beli Rp.11.500,- b. Margin pemasaran - c.
Harga jual -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar